Selasa, 30 November 2021

Jurusan Pendidikan Bahasa FTIK IAIN Palangka Raya Gelar Seminar Pendidikan Jurusan

Palangka Raya, 17/11/2021. Jurusan Pendidikan Bahasa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya melalui Program Studi Tadris Bahasa Inggris telah menggelar Seminar Pendidikan Jurusan dalam bentuk International Conference on English Language Teaching (INACELT) dengan tema “Education, Language, Identity, and New Normal”, pada hari Rabu 17 November 2021 secara daring. INACELT adalah program tahunan dari Prodi Tadris Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa FTIK IAIN Palangka Raya. INACELT dibentuk dan mengadakan konferensi pertama pada tahun 2016. Pada tahun 2021 ini INACELT mengadakan konferensi internasional kelima di mana kegiatan ini terselenggara atas hasil kolaborasi dengan Universiti Teknologi Mara, Malaysia. Konferensi Internasional ini dibuka oleh Rektor IAIN Palangka Raya Dr. H. Khairil Anwar, M.Ag. Dalam sambutannya, Rektor sangat mengapresiasi pelaksanaan seminar internasional ini. Selain itu, beliau juga mengharapkan dengan adanya seminar ini dapat meningkatkan kerja sama diantara perguruan tinggi, baik di dalam maupun di luar negeri.
Sejumlah pembicara utama telah hadir pada kesempatan ini, yaitu: (1) Prof. Madya Dr. Norwati Binti Haji Roslim dari Universiti Teknologi Mara, Malaysia yang memaparkan materi dengan judul COVID-19: The New Normal in English Language Teaching; (2) Prof. Dr. James T. Collins dari University Kebangsaan Malaysia, Malaysia yang memaparkan materi dengan judul Language and identity: The persistence of civilizations; (3) Johan Richard Weintre, Ph.D dari Asia Pacific International Research Forum yang memaparkan materi dengan judul Strategies, Hacks, Lucky or Brilliant?; (4) Ania Lian, Ph.D. dari Charles Darwin University, Australia yang memaparkan materi dengan judul Transformative education and transformative literacies in EFL contexts; (5) Prof. Yazid Basthomi dari Universitas Negeri Malang, Indonesia yang memaparkan materi dengan judul Religious Nuances in Academic Texts in the Indonesian Academia; (6) Amirullah Abduh, Ph.D. dari Universitas Negeri Makassar, Indonesia yang memaparkan materi dengan judul Missing Development Issues of Language Teaching in Indonesia; dan (7) Abdul Syahid, M.Pd. dari Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Indonesia yang memaparkan materi dengan judul Islam and English Language Teaching: A Bibliometric Analysis. Semua materi yang dipaparkan oleh pemateri utama disambut antusias oleh para peserta konferensi. Hal ini terbukti dari banyaknya pertanyaan yang diberikan peserta pada sesi tanya jawab.
Total peserta kegiatan ini berjumlah 273 orang, yang terdiri dari dosen, guru, mahasiswa dan peneliti. Selain narasumber utama, ada 34 artikel yang dipresentasikan oleh para akademisi yang berasal dari berbagai institusi dalam negeri dan luar negeri, baik dari kalangan dosen, guru, peneliti, maupun mahasiswa. Pelaksanaan konferensi internasional ini menghadirkan kesan yang mendalam bagi para peserta. Mereka berharap tahun depan acara ini dapat kembali dilaksanakan.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Jurusan Pendidikan Bahasa

DAFTAR KULIAH UM-PTKIN

DAFTAR KULIAH UM-PTKIN
Klik gambar untuk mendaftar