Jumat, 29 Maret 2019

Jurnal Nalar dan JEFL Mengikuti ACRP 2019 di Tangerang



Tangerang—Jurnal NALAR dan Journal on English as a Foreign Language (JEFL) yang berada di lingkungan kampus IAIN Palangka Raya mendapat kehormatan sebagai nominee penerima bantuan peningkatan kualitas jurnal yang diselenggarakan Kementerian Agama Republik Indonesia. Kegiatan ini bertajuk “Annual Conference on Research Proposal (ACRP) 2019”, yang mengangkat tema “Meningkatkan Kinerja Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Melalui Penelitian, Publikasi Ilmiah dan Pengabdian Kepada Masyarakat”. Kegiatan ini bertempat di Horison Grand Hotel Tangerang, Banten yang berlangsung pada tanggal 25-27 Maret 2019. ACRP 2019 ini secara langsung dibuka oleh Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin.

ACRP menjadi bagian ikhtiar Direktorat Jenderal Pendidikan Islam untuk terus meningkatkan kualitas proposal penelitian, publikasi ilmiah dan pengabdian kepada masyarakat. Melalui mekanisme dalam ACRP ini, akan dipilih proposal-proposal yang layak untuk ditindaklanjuti dengan dukungan bantuan dari Kementerian Agama RI.
Para peserta ACRP yang diundang telah lolos sedikitnya tiga tahap seleksi, yakni: kelengkapan administratifnya oleh panitia, kelayakan proposalnya oleh tim reviewer secara online, dan dinyatakan bebas plagiasi berdasarkan aplikasi khusus yaitu Turnitin.
Secara akumulatif, para nominee penerima bantuan ini berasal dari PTKIN sebanyak 46% dan PTKIS 54%. Dilihat dari jabatan fungsionalnya, dosen yang berjabatan fungsional guru besar sebanyak 1%, lektor kepala 13%, lektor 39%, asisten ahli 46%, dan di luar jabatan fungsional dosen 1%. Dilihat dari basis fakultas, dosen yang berlatar belakang fakultas keagamaan sebanyak 72%, sosial-humaniora sebanyak 14%, dan sains sebanyak 14%.
Pada tahun anggaran 2019 ini, proposal yang masuk sebanyak 2.314.  Proposal tersebut lalu dilakukan proses penilaian oleh tim reviewer berdasarkan validitas, orisinalitas, integritas akademis dan kontribusinya terhadap dunia Perguruan Tinggi Keagamaan Islam dan kehidupan keagamaan serta keindonesiaan secara online, serta penilaian akurasi antiplagiasi secara elektronik. Setelah itu ditetapkan 566 nominee yang berhak melangkah ke tahap selanjutnya.
Jurnal NALAR dan JEFL adalah 2 dari sekian banyak yang ditetapkan sebagai calon penerima bantuan peningkatan kualitas Jurnal. Dalam kegiatan ini, seluruh perwakilan yang hadir diharuskan untuk mempresentasikan usulan kegiatan yang diajukan agar dapat meyakinkan reviewer apakah jurnal tersebut layak diberikan bantuan atau tidak. Pada kesempatan ini, Jurnal NALAR dan JEFL diwakili langsung oleh Editor in Chief-nya, yaitu Zaini Miftah, M.Pd (JEFL) dan Ihsan Mz, M.Psi (Jurnal NALAR). (IM)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Jurusan Pendidikan Bahasa

DAFTAR KULIAH UM-PTKIN

DAFTAR KULIAH UM-PTKIN
Klik gambar untuk mendaftar