Jumat, 14 April 2017

Mahasiswa IAIN Palangka Raya Jurusan Pendidikan Bahasa Kembali Berkiprah di Tingkat Internasional

PALANGKA RAYAJurusan Pendidikan Bahasa Tekad dan prestasi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya untuk melahirkan generasi-generasi handal, tampaknya semakin teruji. Tidak hanya prestasi secara kelembagaan, tetapi juga mahasiswa-mahasiswanya.
Hal itu terbukti dengan melejitnya sejumlah mahasiswa IAIN Palangka Raya dengan prestasi membanggakan. Bahkan tidak hanya sekadar tingkat lokal dan nasional, tetapi hingga taraf internasional. Salah satunya adalah Putera Sadiq Rahman.
Mahasiswa semester VI Program Studi Pendidikan Bahasa ini dipercaya menjadi delegasi pada Simposium Mahasiswa Internasional Timur Tengah dan Afrika 2017 di Madinah, Arab Saudi, pada 1—8 April.
Kegiatan bertaraf internasional ini bukanlah pengalaman pertama bagi mahasiswa yang fasih berbahasa Arab ini. Pada 2016 lalu, dia juga mendapat kepercayaan mengikuti kegiatan serupa di Kairo, Mesir.
“Simposium itu tidak hanya menghadirkan delegasi mahasiswa dari Timur Tengah dan Afrika saja, tapi juga menghadirkan tokoh-tokoh yang berpengaruh serta pakar dari berbagai bidang yang ada di Indonesia,” tutur Sadiq.
Dari simposium tersebut, imbuh dia, sangat penting artinya tidak hanya bagi dirinya pribadi, tetapi juga kampus, daerah dan Indonesia secara umum. Karena di kegiatan itu terdapat gagasan-gagasan dari seluruh aspek yang sangat penting untuk menentukan rencana aksi dan gagasan yang kontributif demi Indonesia yang lebih gemilang.
Lebih lanjut dituturkan Sadiq, pengalaman mengikuti kegiatan di Timur Tengah itu juga semakin menguatkan tekadnya untuk melanjutkan pendidikan di jazirah Arab.
“Insya Allah, saya akan masuk ke Universitas Islam Madinah pada pertengahan tahun ini untuk melanjutkan pendidikan di sana. Saya ingin menuntut ilmu di tanah haram karena saya ingin menuntut ilmu sesuai Alquran dan Hadits di salah satu kota yang suci ini yaitu Madinah Munawwarah,” ujar putra dari Ustaz Gazali Rahman itu.
Prestasi yang ditorehkan Sadiq juga mendapat apresiasi dari Rektor IAIN Palangka Raya, DR. Ibnu Elmi AS Pelu. Pasalnya, menurut Ibnu, tidak semua mahasiswa bisa mendapat kesempatan berkiprah di sebuah kegiatan bertaraf internasional.
“Kegiatan di Arab Saudi itu juga merupakan langkah awal bagi mahasiswa IAIN Palangka Raya untuk membuka wawasan bagi pengembangan keilmuan yang didapat di kampus,” kata Ibnu, beberapa waktu lalu. (nto)
sumber:http://kalteng.prokal.co/read/news/36902
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Jurusan Pendidikan Bahasa